PENDAMPINGAN MENGHAPAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE TALAQIN DAN TASMI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 14 KOTA LUBUKLINGGAU
Abstrak
Kemampuan menghapal Menghafal Surat-surat Pendek Melalui Metode Talaqin dan Tasmi. Dalam pengabdian ini permasalahan hanya terfokus pada penerapan metode Talaqin dan Tasmi dalam Meningkatkan hafalan surat-surat pendek kelas 5 SD Negeri 14 kota lubuklinggau. Dan bagaimana tingkat hasil hafalan surat-surat pendek dan hasil belajar melalui metode Talaqin dan Tasmi kelas 5 SD Negeri 14 kota Lubuklinggau. Tujuan pengabdian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode talaqin dan tasmi dalam meningkatkan hafalan surat-surat pendek kelas 5 SD Negeri 14 kota Lubuklinggau. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi akitvias guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dan tes hafalan surat al qodr ayat pertama sampai akhir. Hasil penelitian dengan metode Talaqin dan Tasmi kelas menyebutkan bahwa, metode Talaqin dan Tasmi telah dilaksanakan dengan baik. Dari kegiatan ini bahwa kegiatan telah dilakukan memberikan dampak positif bagi peserta didik. Hal ini dapat dilihat adanya siswa menjuarai satu dua dan tiga baik berdasarkan indikator keberhasilan membuat media dalam pembelajaran. Artinya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mencapai tujuan, yaitu menambah referensi media pembelajaran bagi para guru berupa metode dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya mata pelajarann pendidikan agama islam di sekolah dasar dan sejalan dengan teori yang menyimpulkan bahwa metode talaqin dan tasmi dapat menghafal al quran secara baik dan benar terutama menghafalkan al-quran yang terdapat pada juz 30 yaitu surat yang belum pernah dihafalkan oleh para murid.
Referensi
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
Luthfi, A., & Wiza, R. (2022). Implementasi Metode Talqin dalam Program Tahfidz AlQur’an di Sekolah Menengah Pertama 31 Padang. Islamika, 4(4), 609–620. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2067
Mahardika, I. K., Handon, S., Ernasari, Rofida, H. A., Zahro, F., & Seftiyani, M. A. (2023). Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif. Hakikat Fisika Sebagai Pilar Kehidupan, 7(12), 30–34.
Nurfauziah, A., Rusmana, D., Studi, P., Al-Qur’an, I., Tafsir, D., Uin, P., & G. (2023). Tasmi’ Al-Qur’an di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus Pesantren Mahasiswa ALIF. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5, 454. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i2.3032
R. Tamtam Kamaluddin, E. M. (2022). Analisis metode talqin, tikror, tasmi dan muroja’ah dalam meningkatkan hafalan alqur’an mahasiswa pgsd ikip siliwangi. Collase, 5(6), 1119–1127.
Rahmawati, D. N., & Dwiyanti, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Program Studi PGRA, 4, 44–49.
Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78
Sujarwo. (2022). Peranan Pendidikan Islam dalam Keluarga untuk Membentuk Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Linggau Journal of elementary school education, 2(1), 48–56. http://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/148%0Ahttps://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/download/148/159
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101